Jaclyn Litaay
||
eqnlee
10% Worskpace Ongoing
Ongoing Jobs : 1
Offline
Chat & Negotiate
Writer (Penulis/Jurnalis)
Traveler Writer
Desainer Grafis
Desain Undangan Pernikahan
Desain Cover Buku
Desain Brosur 3 Lipat - Pa...
Desainer Brosur / Banner
Desainer Grafis

About Me

Sejak tahun 2001, saya telah menggeluti dunia media yang membawa saya terlebih dulu ke dunia kepenulisan khususnya jurnalistik. Mengamati para wartawan dan fotografer bekerja di Kompas telah banyak mendorong saya untuk giat menulis dan perlahan menggeluti dunia fotografi di belakang layar. Setelah resign dari Kompas (2003) Yogyakarta, saya benar-benar menjadi wartawan di sebuah majalah (Bahana) selama 5 tahun dan menulis berbagai artikel, namun diam-diam menggeluti dunia desain grafis, lagi-lagi di belakang layar.

Sebenarnya saya sudah mulai mendesain sejak masih di bangku kuliah, namun waktu itu belum ada pekerjaan yang secanggih desainer grafis sekarang. Jadi impian menjadi desainer grafis profesional saya kubur dulu sementara menikmati menjadi penulis lepas, jurnalis dan fotografer di berbagai perusahaan setelah 5 tahun menjadi wartawan.

Karena tuntutan pekerjaan bertahun-tahun, akhirnya saya jadi multitasking dalam 1 pekerjaan dan memiliki banyak keahlian. Itu hal positif yang saya ambil dari satu pekerjaan namun gajinya tidak dobel. Setidaknya saya jadi punya banyak ilmu dan skill yang terus saya kembangkan setiap tahun.

Di Jakarta (2013), pada sebuah organisasi non profit, saya sendiri yang meliput, wawancara narasumber, foto, edit foto, desain majalah sampai urusan ke percetakan. Sejak itulah saya mantap menjadi desainer grafis profesional yang membawa saya pindah ke Bandung dan masih melakukan hal yang sama setahun kemudian.

Selain ngantor sebagai desainer grafis di sebuah firma hukum kelas internasional di Jakarta, waktu luang saya gunakan sebagai travel writer, yang seperti kembali membangkitkan semangat menulis feature saya yang makin sering ke hutan atau gunung dan memperhatikan bagaimana manusia harus mengembalikan kepada alam dengan pelan-pelan membuat kerajinan daur ulang, bakat alami yang sudah saya lakukan sejak masih SD.

Terakhir, saya benar-benar yakin tidak sehat buat ngantor karena kreativitas dan produktivitas saya terbatas karena kelelahan bekerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, belum termasuk lembur. Sejak 2016 hingga sekarang, saya memilih sebagai freelancer dan melakukan dengan profesional semua yang sudah saya kerjakan sejak kuliah. Mendesain, menulis, edit foto, menerjemahkan, dan karena hobi fotografi yang berkembang, sekarang saya rajin membuat video-video pendek tentang hal-hal yang terjadi sehari-hari di sekitar saya.

Pengalaman bertahun-tahun dengan bertemu banyak klien dan perusahaan, telah mengajarkan saya memiliki attitude yang berintegritas tanpa menghilangkan sense of fun & art. Saya juga banyak berdiskusi dengan klien untuk menemukan kebutuhan klien agar apa yang saya desain atau tulis benar-benar bisa menjadi wajah atau identitas yang mewakili kebutuhan perusahaan atau klien independen saya.

Skills

Employment History

P.T. KOMPAS (koran Kompas)

2001 - 2003

Customer Service continue to Marketing Communication Administration

Sebagai customer service yang melayani kebutuhan pelanggan dan agen koran. Lalu sebagai marketing communication administration saya lebih banyak bertemu pemasang iklan dan vendor untuk event - event perusahaan.

CV. ANDI OFFSET Yogyakarta

2004 - 2009

Jurnalis

Saya meliput di lapangan, kemudian menuliskan apa yang sudah menjadi bahan liputan juga diwajibkan mengedit tulisan sendiri. Jenis tulisan antara lain feature dan deskriptif yang meliput isu terbaru di masyarakat dan mengembalikannya pada nilai-nilai atau moral universal yang disepakati bersama. Ada juga tulisan mengenai sosok inspiratif yang melakukan perbedaan melalui profesinya, juga ada resensi musik dan berita event-event kecil.

PGLII atau websitenya yang aktif dulu pglii.net

2011 - 2013

Journalist and Graphic Designer

Di sini saya meliput, wawancara, foto narasumber dan lokasi, lalu menulis, dan mendesain sendiri majalah yang diterbitkan 2 bulanan oleh perusahaan tempat saya bekerja dan juga mengelola websitenya sekaligus. Konten websitenya saya kelola sendiri juga.

IFGF Bandung

2013 - 2014

Graphic Designer

Mendesain semua kebutuhan promosi, desain majalah, poster, spanduk, kaos, mug, banner, iklan di sosmed dan di belakang layar menangani pembuatan video untuk kebutuhan perusahaan.

Budidjaja & Associate, Jakarta

2015 - 2015

Graphic Designer

Mendesain semua kebutuhan promosi perusahaan seperti company profile, majalah internal, banner, baliho, spanduk, textbook, stationery,, kaos dan lain-lain.

Education History

Universitas Duta Wacana

1996 - 2001

Teknik Informatika

Default avatar
Recommended designer. Friendly, responsive and creative. Well done. Thanks for your good art work. indriasar1
IDR 1,350,000
Thumb a4cbf3484d
Overall artikel yang dikirim eqnlee sudah baik. Terima kasih ya.nandakms
IDR 149,999
Default avatar
Cocok untuk penulisan artikel populerakane
IDR 90,000
Whatsapp